Senin, 11 November 2013

Diet dan olahraga

Diet dan olahraga

Diet , aktivitas fisik , dan obesitas terkait dengan sekitar 30-35 % kematian akibat kanker [ 2 ] [ 27 ] Di Amerika Serikat kelebihan berat badan berhubungan dengan pengembangan berbagai jenis kanker dan merupakan faktor dalam 14-20 . % dari semua kematian akibat kanker [ 27 ] aktivitas fisik diyakini berkontribusi terhadap risiko kanker tidak hanya melalui efeknya pada berat badan tetapi juga melalui efek negatif pada sistem kekebalan tubuh dan sistem endokrin . [ 27 ] Lebih dari setengah dari efek dari diet . karena kelebihan gizi daripada dari makan makanan sehat terlalu sedikit .

Diet yang rendah dalam sayuran , buah-buahan dan biji-bijian , dan tinggi dalam daging olahan atau merah yang dikaitkan dengan sejumlah kanker . [ 27 ] Sebuah diet tinggi garam berhubungan dengan kanker lambung , aflatoksin B1 , sering mencemari makanan , dengan kanker hati , dan kacang sirih mengunyah dengan kanker mulut [ 28 ] ini sebagian dapat menjelaskan perbedaan dalam kejadian kanker di negara yang berbeda . . Sebagai contoh, kanker lambung lebih sering terjadi di Jepang akibat diet tinggi garam [ 29 ] dan kanker usus besar lebih sering terjadi di Amerika Serikat . Imigran mengembangkan risiko negara baru mereka , sering dalam satu generasi , menunjukkan hubungan substansial antara diet dan kanker . [ 30 ]
infeksi
Artikel utama: Infeksi penyebab kanker

Di seluruh dunia sekitar 18 % dari kematian akibat kanker yang berhubungan dengan penyakit menular . [ 2 ] Proporsi ini bervariasi di berbagai wilayah dunia dari tinggi 25 % di Afrika menjadi kurang dari 10 % di negara maju [ 2 ] Virus . Adalah biasa agen infeksi yang menyebabkan kanker tetapi bakteri dan parasit juga mungkin memiliki efek .

Sebuah virus yang dapat menyebabkan kanker disebut oncovirus . Ini termasuk human papillomavirus ( serviks karsinoma ) , virus Epstein-Barr (penyakit limfoproliferatif sel-B dan karsinoma nasofaring ) , virus herpes sarkoma Kaposi ( sarkoma Kaposi dan limfoma efusi primer) , hepatitis B dan virus hepatitis C ( karsinoma hepatoseluler ) , dan Human T - sel leukemia virus - 1 ( leukemia sel-T ) . Infeksi bakteri juga dapat meningkatkan risiko kanker , seperti yang terlihat dalam Helicobacter pylori karsinoma lambung yang diinduksi . [ 31 ] Infeksi parasit sangat terkait dengan kanker termasuk Schistosoma haematobium ( karsinoma sel skuamosa kandung kemih ) dan cacing hati , Opisthorchis viverrini dan Clonorchis sinensis ( cholangiocarcinoma ) [ 32 ] .
radiasi
Artikel utama: kanker radiasi

Sampai dengan 10 % dari kanker invasif berkaitan dengan paparan radiasi , termasuk radiasi pengion dan radiasi ultraviolet non - pengion . [ 2 ] Selain itu , sebagian besar kanker non - invasif adalah kanker kulit non-melanoma yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet non - pengion .

Sumber radiasi pengion termasuk pencitraan medis , dan gas radon . Radiasi dapat menyebabkan kanker di sebagian besar tubuh , di semua hewan , dan pada usia berapa pun , meskipun diinduksi radiasi tumor padat biasanya memakan waktu 10-15 tahun , dan dapat memakan waktu hingga 40 tahun , untuk menjadi nyata klinis , dan radiasi leukemia biasanya membutuhkan 2-10 tahun untuk muncul . [ 33 ] Beberapa orang , seperti yang dengan nevoid karsinoma sel basal sindrom atau retinoblastoma , lebih rentan daripada rata-rata untuk mengembangkan kanker dari paparan radiasi . [ 33 ] Anak-anak dan remaja dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan radiasi leukemia sebagai orang dewasa, . paparan radiasi sebelum kelahiran memiliki sepuluh kali efek [ 33 ] radiasi pengion bukanlah mutagen sangat kuat [ 33 ] Residential paparan gas radon , misalnya, memiliki risiko kanker yang sama seperti perokok pasif . . [ 33 ] eksposur dosis rendah , seperti tinggal di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir , umumnya diyakini tidak memiliki atau sangat sedikit efek pada perkembangan kanker . [ 33 ] Radiasi merupakan sumber lebih kuat dari kanker ketika dikombinasikan dengan kanker lainnya agen penyebab , seperti paparan gas radon ditambah merokok tembakau . [ 33 ]

Tidak seperti kimia atau pemicu fisik untuk kanker , radiasi pengion hit molekul dalam sel secara acak . Jika itu terjadi untuk menyerang kromosom , dapat mematahkan kromosom , mengakibatkan jumlah abnormal kromosom , menonaktifkan satu atau lebih gen di bagian kromosom yang memukul , menghapus bagian dari urutan DNA , menyebabkan translokasi kromosom , atau menyebabkan jenis kelainan kromosom [ 33 ] kerusakan Mayor biasanya menghasilkan . dalam sel mati , tapi kerusakan yang lebih kecil dapat meninggalkan stabil , sel sebagian fungsional yang mungkin mampu berkembang biak dan berkembang menjadi kanker , terutama jika gen supresor tumor rusak oleh radiasi . [ 33 ] Tiga tahap independen tampaknya terlibat dalam penciptaan kanker dengan radiasi pengion : perubahan morfologi pada sel , memperoleh keabadian seluler ( kehilangan normal, membatasi hidup proses regulasi sel ) , dan adaptasi yang mendukung pembentukan tumor . [ 33 ] Bahkan jika partikel radiasi tidak mogok DNA secara langsung, itu memicu tanggapan dari sel-sel yang secara tidak langsung meningkatkan kemungkinan mutasi [ 33 ] .

Penggunaan medis radiasi pengion merupakan sumber pertumbuhan kanker akibat radiasi . Radiasi pengion dapat digunakan untuk mengobati kanker lainnya , tapi ini mungkin , dalam beberapa kasus , menyebabkan bentuk kedua dari kanker. [ 33 ] Hal ini juga digunakan dalam beberapa jenis pencitraan medis . Satu laporan memperkirakan bahwa sekitar 29.000 kanker masa depan dapat berhubungan dengan sekitar 70 juta CT scan dilakukan di AS pada tahun 2007 . [ 34 ] Diperkirakan bahwa 0,4 % dari kanker pada tahun 2007 di Amerika Serikat adalah karena CTs dilakukan di masa lalu dan bahwa hal ini dapat meningkatkan sampai setinggi 1,5-2 % dengan tingkat penggunaan CT selama periode waktu yang sama . [ 35 ]

Terlalu lama terkena radiasi ultraviolet dari matahari dapat menyebabkan melanoma dan keganasan kulit lainnya . [ 36 ] Batal bukti menetapkan radiasi ultraviolet , terutama non - pengion UVB gelombang menengah , sebagai penyebab sebagian besar kanker kulit non-melanoma , mana yang paling bentuk umum kanker di dunia. [ 36 ]

Non - ionisasi radiasi frekuensi radio dari ponsel , transmisi tenaga listrik , dan sumber-sumber lain yang serupa telah digambarkan sebagai karsinogen mungkin dengan Badan Internasional Organisasi Kesehatan Dunia untuk Penelitian Kanker . [ 37 ] Namun, penelitian belum menemukan hubungan yang konsisten antara radiasi ponsel dan risiko kanker [ 38 ] .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar