Tata Kelola Internet / Kata Pengantar< Tata Kelola InternetPerubahan tidak direview akan ditampilkan pada halaman pageThis ini mungkin perlu ditinjau untuk kualitas .Langsung ke : navigasi, cari
Tata Kelola Internet
Kata
Pengantar - Pengantar - Pendahuluan - Latar belakang dan Kunci Konsep -
Isu dan Aktor - Tata Kelola Internet dan Pengembangan - Model dan
Konsep - Kesimpulan : Praktik Terbaik dan Looking Forward - Pekerjaan
Dikutip dan Saran untuk Bacaan lebih lanjut - Lampiran 1 : Organisasi
Terpilih Terlibat dalam Tata Kelola Internet - Lampiran 2 : Latar Belakang tambahan - Notes - Tentang Penulis - APDIPkata pengantar
Sejak asal-usulnya lebih dari 30 tahun yang lalu , Internet telah menjadi infrastruktur telekomunikasi global baru yang besar . Hal
ini tidak mengherankan , kemudian, bahwa itu telah menjadi topik
sentral dalam pembahasan yang lebih umum yang diselenggarakan di bawah
naungan Masyarakat Informasi . Sebuah KTT Dunia tentang Masyarakat Informasi ( WSIS ) pertama kali diadakan pada Desember 2003 di Jenewa . Pada
KTT itu , sejumlah Millenium Development Goals ( MDGs ) yang dibahas,
berfokus pada pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK )
untuk kepentingan penduduk dunia . Internet
, dipandang sebagai prototipe untuk teknologi yang akan mendasari
Masyarakat Informasi , dimengerti menjadi titik fokus ( titik nyala dan
a) diskusi . Pada
akhirnya , dalam menanggapi perdebatan tentang konsep " tata kelola
Internet " , Kelompok Kerja di Internet Governance ( WGIG ) didirikan ,
dengan tujuan mendefinisikan istilah dan memberikan masukan untuk tahap
kedua KTT Dunia , direncanakan untuk Tunisia di November 2005. Kelompok
Kerja merilis laporan pada 18 Juli 2005 dan menawarkan definisi tata
kelola Internet serta beberapa pilihan untuk pendekatan untuk itu . Primer
Anda miliki sebelum Anda dimaksudkan untuk memberikan latar belakang di
Internet dan operasi sebagai kontribusi terhadap dialog berlangsung
dalam persiapan untuk KTT berikutnya .
Internet
adalah , sistem terdistribusi global ratusan ribu , jika tidak jutaan,
independen dioperasikan dan saling berhubungan jaringan komunikasi
komputer . Semua jaringan ini menggunakan satu set standar protokol , kadang-kadang disebut sebagai protokol TCP / IP . TCP
dan IP adalah protokol inti dari Internet dan memiliki asal-usul mereka
dalam penelitian yang disponsori oleh US Defense Advanced Badan
Penelitian pada tahun 1973 . Ini adalah sistem yang , dengan desain , relatif tidak sensitif terhadap batas-batas nasional .
Untuk
sebagian besar keberadaannya , Internet telah dikembangkan di sektor
swasta dengan pengawasan sangat ringan pada bagian dari Pemerintah AS . Pejabat roll- keluar dari sistem terjadi pada tanggal 1 Januari 1983 di Amerika Serikat dan di lokasi di Inggris dan Norwegia . Pada
tahun 1994 , Internet telah tersedia untuk umum melalui jaringan
komersial , dan pada 1995 , koleksi komersial, saling jalur Internet
publik telah menggantikan swasta , US backbone yang disponsori oleh
Pemerintah . Adegan ditetapkan untuk apa yang disebut " dot- com " dari akhir 1990-an . Selama
periode ini , sejumlah besar modal masuk ke perusahaan " internet " ,
banyak dari mereka kehilangan model bisnis yang serius selain rencana
untuk go public . Pada April tahun 2000, gelembung pecah . Tetapi Internet terus tumbuh , bahkan selama musim dingin keuangan mengikuti kegilaan . Di tengah hiperbola , beberapa bisnis internet yang sangat sukses berkembang atau lahir ( misalnya , Amazon , eBay , Google ) . Tidak
menghitung penelitian awal pada 1970-an , Voice over Internet Protocol (
VoIP ) tiba pada tahun 1993 , tetapi tidak benar-benar lepas landas
sampai 10 tahun kemudian , mengancam untuk mengganggu model bisnis abad
ke-tua dari operator lokal dan antar - tukar. Sebagai
jaringan dan aplikasi menjadi lebih luas , dan karena ekonomi global
mulai mengandalkan operasinya , pemerintah mulai menyadari bahwa
infrastruktur baru ini , dan apa yang dilakukan dengan hal itu , mungkin
taktis dan strategis penting bagi kesejahteraan warganya .
Pemerintah
Tunisia menyerukan tahap kedua WSIS , tidak hanya terfokus di Internet ,
tapi pada gagasan yang lebih umum dari ekonomi global saling terkait
dalam web informasi dan kemampuan untuk memproses dengan kuat , alat
diprogram dan sering portabel . Sebagai
diskusi berlangsung di Jenewa pada tahun 2003 dan di forum regional ,
perdebatan terjadi mengenai arti dari " pemerintahan " dalam lingkungan
online. Fokus
khusus ditempatkan di Internet governance dan peran yang Internet untuk
Corporation Ditugaskan Nama dan Nomor ( ICANN ) bermain di ajang itu.
Dalam
perjalanan perdebatan WSIS , telah ada permintaan untuk pengawasan
pemerintah yang meningkat dan bahkan regulasi Internet . Adalah
penting untuk mengingat bahwa ini adalah jaringan ratusan ribu jaringan
, bukan satu kesatuan yang dijalankan oleh satu organisasi . Hal ini komponen yang beroperasi di seluruh dunia . Memiliki lebih dari satu miliar pengguna . Hal
ini , dengan desain , didistribusikan dan komponennya dioperasikan oleh
berbagai macam pemerintah, sektor swasta dan organisasi akademis . Sedikit akan membantah pentingnya Internet dan konten untuk berbagai petak masyarakat modern . Oleh
karena itu penting bahwa dalam perdebatan seputar pelanggaran dirasakan
internet , kita tidak menghancurkan semua yang sangat bermanfaat dalam
sistem sistem .
Salah satu alasan utama untuk sukses di Internet sejauh ini telah sebagian besar manajemen apolitis nya . Tampaknya
penting bahwa setiap modifikasi pada pengawasan umum dan pengoperasian
internet menghindari politisasi yang tidak perlu dan mengganggu . Internet
harus tetap menjadi infrastruktur utama dan tidak menjadi bola politik ,
tunduk pada sengketa antara atau di antara negara-negara . Kita harus membangun sistem yang ada dan badan-badan yang selama melayani komunitas internet dengan sukses wajar . Dengan
beberapa pengecualian , sebagian besar masalah kebijakan publik yang
terkait dengan kebohongan internet di luar lingkup ICANN dan dapat dan
harus ditangani di tempat-tempat yang berbeda . Misalnya,
' spam' dan pesan yang instan dan kerabat internet telephony , ' spim '
dan ' meludah ' , praktek-praktek jahat yang hanya dapat berhasil
ditangani melalui jalur hukum , meskipun ada beberapa langkah-langkah
teknis yang dapat dilakukan oleh Internet Service Provider ( ISP ) dan pengguna akhir untuk menyaring pesan yang tidak diinginkan . Demikian praktek penipuan seperti ' phishing ' dan ' pharming ' mungkin terbaik ditangani melalui jalur hukum . Perlindungan
kekayaan intelektual mungkin , sebagian, ditangani melalui World
Intellectual Property Organization ( WIPO ) dan sengketa bisnis melalui
Organisasi Perdagangan Dunia ( WTO ) atau melalui metode alternatif
penyelesaian sengketa seperti mediasi dan arbitrase .
Contoh-contoh
menunjukkan , ada sedikit keraguan bahwa pengembangan Masyarakat
Informasi global akan membutuhkan kerja sama yang luar biasa , kerjasama
dan koordinasi . Internet
dan banyak pemain yang menggambarkan pengamatan ini dan menarik
perhatian apa yang mungkin ketika semangat kerja sama dapat dibina dalam
jangka panjang .
Hanya
melalui pemahaman berbagai pemain di arena internet , peran, tanggung
jawab , wewenang dan batas kemampuan yang bisa kita busana hasil wajar
untuk pengaturan Internet dan, lebih umum , agenda untuk pengembangan
Masyarakat Informasi . Primer
ini merupakan kontribusi terhadap dialog yang diperlukan untuk
membingkai tujuan Masyarakat Informasi dan metode untuk mencapainya . Para
peserta dalam dialog ini memiliki kesempatan untuk membantu membentuk
pendekatan konstruktif terhadap peluang sebelum kita. Kita bisa tetapi berharap bahwa mereka akan menerima tantangan dan mengejar MDGs dengan cara yang positif dan sukses .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar